Rabu, 09 Februari 2011

Langkah-langkah pembentukan Forum Anak Usia Dini

Secara umum, ada 4 (empat) langkah yang dapat dilakukan untuk membentuk Forum Pengembangan Anak Usia Dini, antara lain persiapan, pembentukan tim formatur, rapat umum dan peresmian. Setiap daerah dapat berbeda tahapannya, sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.

1. PERSIAPAN
Siapapun dapat mempromotori pembentukan Forum Pengembangan Anak Usia Dini. Sebagai promotor, langkah awal adalah menghubungi calon Tim Formatur. Mereka adalah orang-orang yang dipandang memiliki perhatian dan cukup kompeten di bidang anak, terutama anak usia dini. Kriteria yang dapat menjadi anggota Forum Pengembangan Anak Usia Dini dapat dilihat didalam Anggaran Dasar Forum Pengembangan Indonesia.

2. PEMBENTUKAN TIM FORMATUR
Calon Tim Formatur diundang dalam sebuah pertemuan kemudian sampaikan informasi tentang Forum Pengembangan Anak Usia Dini Indonesia, mulai dari posisi strategisnya sampai tugas dan perannya. Setelah calon paham, tawarkan untuk membentuk Tim Formatur dengan tugas menyusun kepengurusan dan keanggotaan Forum Pengembangan Anak Usia Dini yang akan dibentuk

3. RAPAT UMUM
a.   Nama-nama yang direkomendasikan Tim Formatur diundang dalam rapat umum/musyawarah wilayah/daerah.
b.   Acara pokok dalam rapat umum/musyawarah wilayah/daerah ini adalah menetapkan Badan Pertimbangan dan Pengurus Forum Pengembangan Anak Usia Dini serta tugas dan fungsi masing-masing.
c.    Tim Formatur mengusulkan susunan Badan Pertimbangan dan Pengurus Forum PAUD kepada Gubernur untuk Forum Pengembangan Anak Usia Dini Wilayah dan/atau Bupati/Walikota untuk Forum Pengembangan Anak Usia Dini Daerah.
d.   Rapat umum/musyawarah wilayah/daerah diakhiri dengan pembubaran Tim Formatur.

4. PENGUKUHAN
Bila dipandang perlu, setelah SK pembentukan diterbitkan, Forum Pengembangan Anak Usia Dini dapat dikukuhkan, minimal oleh pejabat yang menerbitkan keputusan. Pengukuhan dapat dilakukan melalui upacara sederhana sebelum melaksanakan pertemuan perdana atau dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar